15 Hari Bulan
Di usia yang sudah condong ke barat—begitu Uwak Bandi menggelar masa
tuanya—tak ada lagi angan-angan untuk kaya. Menunaikan rukun Islam kelima
adalah mutiara keinginannya sebelum ruhnya diraut maut. Uwak Bandi mengerti,
seperti kata kebanyakan orang, kaya itu titi utama menuju Tanah Suci. Namun, ia
masih percaya, hasratnya akan terkabul dengan niat yang terus mengepul. Tentu
ia sadar, niat tersebut harus ditopang kerja keras dan doa. Soal biaya? Ah,
bukankah rezeki seumpama teka-teki, sulit-sulit mudah untuk diselidiki?
Banyak orang yang
dinilai tak berharta, tapi lulus pergi haji. Uwak Bandi ingin masuk dalam
golongan tersebut. Tak kaya, tak mengapa. Tapi, pantang baginya memiskinkan
cita-cita. Asal jangan cita-cita yang disusupi cela, titah hatinya. Jangan pula
sampai terjangkit penyakit riya: berlomba naik haji biar diseru kaya raya!
Andai boleh memilih, ia rela dituding miskin sebelum maupun sepulang dari
Mekkah.
Memang, Uwak Bandi
kerap mengumpamakan impiannya mencium tebing Kabah semacam orang awam hendak
menggapai bulan. Namun, ia bukan orang yang mudah memberangus harapan. Terlebih
dalam doa. Maka, setiap menyaksikan tanak bulan purnama, Uwak Bandi senantiasa
berdoa: ”Ya Allah, perkenankan aku mencium bulan.” Mmh, bulan dalam doa
tersebut bermakna Kabah baginya. Uwak Bandi juga sering menyemai doa tatkala
memenuhi undangan menyenandungkan marhaban di berbagai acara tepung tawar haji.
Ia dikenal ahli marhaban, ahli doa. Kian kukuhlah niatnya setiap diminta
mendoakan kemabruran ibadah para sejawatnya.
Ya, soal keinginan
kuat, Uwak Bandi tak terhadang lagi. Dorongan Haji Sazali, sahabatnya,
pensiunan pegawai Bea dan Cukai pun makin memanjangkan galah tekad Uwak Bandi.
Pula Haji Sazali yang hendak menunaikan ibadah haji untuk kali ketiga
mengajaknya pergi bersama. Jujur, percakapan keduanya, terkait apa pun, pada
hilirnya menyinggung kisah Haji Sazali sewaktu di Mekkah. Berbunga-bunga hati
Uwak Bandi mendengarnya.
”Mana tahu rezekimu
melimpah setelah mendaftar, Bandi,” nasihat Haji Sazali suatu kali. ”Pokoknya
daftar dulu. Kasih tanda jadi. Tinggal dicicil. Insya Allah ada jalan untuk
niat muliamu itu.” Maka, seusai menyimpulkan saran Haji Sazali: niat tak akan
lunas kalau terus-terusan menunggu ongkos haji cukup, Uwak Bandi pun menegakkan
tiang keyakinan.
Apalagi, tegurnya ke
dada sendiri. Sisa pesangon—sekitar enam juta—selepas bekerja hampir 30 tahun
di Socfindo (perusahaan penyulingan minyak sawit) memadailah untuk memulai
rencananya. Bismillah, ia pun mendaftarkan diri sekaligus menyetor uang muka ke
bank, menyusul Haji Sazali yang sudah lebih dulu. Nah, tercatat sebagai calon jemaah
haji dalam daftar tunggu, Uwak Bandi tinggal memasok cicilan sekerap mungkin.
Atau siapa tahu, tunggakan biaya haji bisa ditunaikan sekaligus. Hingga ia tak
perlu berlama-lama terjebak dalam daftar tunggu. Dengan perhitungan matang,
Uwak Bandi memanjar ongkos haji sejumlah satu juta. Selebihnya, ya, diputarkan
untuk usaha lain. Mmh, andai saja….
Ah, Uwak Bandi terus
berjuang untuk tak terjerembab ke lumpur penyesalan. Seperti halnya Dariah,
sang istri, yang sering mengungkit-ungkit kelunakan hati Uwak Bandi meminjamkan
sebagian besar pesangon kepada kedua anaknya. Memang, setelah membeli sampan
usang dan memodali Dariah membuka kedai lontong, ketajaman pisau sebab akibat
terus menyayat daging tabungannya.
Bayangkan, ia harus
menanggung biaya operasi caesar putri sulungnya, Maemunah, sewaktu melahirkan
anak ketiga. Ia maklum, suami Maemunah hanya pekerja kasar di pabrik
pengalengan ikan. Ha, lain pula Ruslan, adik lelaki Maemunah, butuh uang demi
menebus keteledorannya saat bekerja. Ruslan satpam di perusahaan pengolahan
besi baja dan sedang mendapat giliran jaga ketika gudang perusahaan ditelikung
maling. Sialnya, uang tebusan dibalas dengan surat pemecatan.
Sejatinya, Maemunah
dan Ruslan tetap menganggap bantuan ayah mereka sebagai utang yang mesti dilunasi.
Namun, Uwak Bandi tak pernah sampai hati menagihnya. Apalagi kepada Ruslan,
yang akhirnya harus membiayai anak-istri dari mocok-mocok—bekerja serabutan.
Bahkan, meski tak sepenuhnya disetujui Dariah, ia ikhlas (tepatnya mencoba
ikhlas).
Memang, kalau dipikir-pikir,
pesangon Uwak Bandi tempo hari hampir mencapai separuh ongkos haji.
Ancang-ancangnya pun memang untuk ongkos haji. Tetapi, ya, bukankah rezeki
kerap berlindung di sarang misteri? Tak tahu kapan hinggap, kapan terbang.
Untuk soal itu, ia terkesan jarang mengeluh. Meski perjuangannya menghidupi
keluarga tak ringan, ia tetap merasa liuk nasibnya tak securam orang lain.
Tinggal di kota pelabuhan bukan jaminan untuk hidup layak. Seperti warga
lainnya, Uwak Bandi hanya bisa menyambut uluran laut, juga belas kasihan deru
pabrik.
Ia sendiri sejak
usia belasan tahun sudah pergi melaut. Teramat tekun ia menjadi nelayan.
Riwayat garam tersimpan di tubuhnya. Setelah menikahi Dariah, ia menyambi kerja
sebagai buruh bongkar muat pelabuhan. Lantas, ketika Maemunah berusia dua
tahun, Uwak Bandi merasa beruntung bisa bekerja di Socfindo meski hanya mandor
gudang. Inilah pekerjaan yang berjasa membesarkan kedua anaknya. Di kota
pelabuhan itu, tak banyak orangtua yang mampu mengantarkan anak-anaknya tamat
sekolah setingkat SMA. Uwak Bandi adalah pengecualian.
Kalaupun setelah
pensiun ia melaut lagi, bukanlah seperti dulu lagi: memburu ikan dalam hitungan
malam! Uwak Bandi pergi ke laut hanya untuk mengerat kejenuhan karena tak betah
ongkang-ongkang—cuma makan tidur—di rumah. Ia pun tak sanggup lagi ke tengah
laut, hanya menjala ikan di sekitar paloh—rawa laut. Untuk itu pulalah, sampan
bekas ia beli. Ya, hasil menjaring ikan setengah hari di paloh lumayanlah untuk
mengasapi mulutnya dengan rokok atau memawangi sakunya. Untuk keperluan
sehari-hari, dipasok dari hasil kedai lontong Dariah.
Namun, untuk
memuluskan rencana naik haji, Uwak Bandi tak mungkin mengharapkan kedai lontong
saja, punpaloh. Maka, ketika mengetahui A-Siong, juragan arang menyewakan tanah
bekas tambak, Uwak Bandi tergiur. Sejatinya, bengkalai tambak tersebut termasuk
tanah yang sudah dijual A-Siong. Katanya mau ditimbun dan dibangun pabrik.
Tetapi, menurut A-Siong, belum berlangsung timbang terima. Berarti masih ada
peluang untuk sekali panen tambak.
Nah, semua sudah
ditimbang masak-masak. Uang sewa tambak seluas 45 rante, sekitar satu hektar,
cuma satu juta. Tambak seluas itu mampu mengasuh 5.000 bibit udang tiger.
Dibutuhkan biaya hampir tiga juta untuk bibit tiger sebanyak itu. Intinya, tak
ke mana uang lima juta demi meraup keuntungan setara ongkos naik haji. Bahkan
bisa lebih.
Tentu Uwak Bandi
paham, keuntungan ibarat lumba-lumba yang menyenangkan dan kerugian laksana hiu
yang kejam. Rezeki harimau, kata orang-orang. Untung sekalian atau buntung sepenuhnya!
Namun, Tuhan Maha Mengabulkan doa. Keinginan ke Mekkah memberinya kekuatan
untuk belasan hari mengorek bangkai tambak yang dangkal. Lumpur hasil korekan
dionggok ke atas benteng tambak,pagar tanah yang berfungsi sebagai pengepung
air.
Lantas, paloh secara
alami akan memasok air asin ke tambak. Melalui pengaturan pintu air, pasang
surut paloh bakal menyegarkan tambak. Beres! Tapi tentu, selama tiga bulan,
Uwak Bandi akan lebih banyak tinggal di tambak, terutama malam hari. Kalau
tidak, maling tiger akan leluasa memburaikan isi tambak. Untuk menjaga tambak,
Uwak Bandi tak perlu lagi mendirikan pondok di bahu tambak. Sudah ada. Dinding
tepasnya pun masih kuat. Ia cuma perlu mengganti atap rumbianya.
***
Serangga laut
sesekali pamer suara! Tadi, sebelum istirahat di beranda pondok, Uwak Bandi
masih sempat mengitari pematang benteng beberapa kali. Tak perlu menenteng senter karena bulan sedang ranum-ranumnya. Langit malam
cerah. Hujan sore tadi telah menanggalkan daun-daun awan. Maka, cahaya keemasan
bebas menyapu permukaan tambak pun menuntun mata dan langkah Uwak Bandi
menyusuri punggung benteng.
Ia memang harus
tetap awas. Selain maling tiger, masa 15 hari bulan—purnama masak—memaksa Uwak
Bandi harus jeli mengeja air. Pasang besar sering terjadi pada 15 hari bulan.
Tak jarang pasang besar menyeberangkan udang ke luar tambak. Tapi Uwak Bandi
boleh lega karena benteng sudah ditinggikannya dua hari lalu.
Dalam kewaspadaan,
Uwak Bandi masih sempat menatap purnama di jantung langit. Pantulannya jatuh
persis di pusar tambak. Sambil memutari sisi tambak, ia membayangkan dirinya
sedang tawaf, mengelilingi Kabah. ”Ya Allah, izinkan aku mencium bulan,”
zikirnya penuh geli. Aih, tak sampai sepekan lagi masa panen tiba. Entahlah,
berbagai kemudahan memihak kepadanya. Bukankah kemudahan namanya ketika wabah
penyakit tak menyerang tiger-tigerpiaraannya? Pun maling seperti enggan
mengusik tambaknya.
Mmh, kelana angannya
begitu mudah menaklukkan Masjidil Haram. Tapi, udara dingin yang berbisa
mengembalikan Uwak Bandi ke tambak. Daun-daun bakau riuh disabung angin. Uap
garam menyengat penciumannya. Ia membelitkan sarung ke lehernya. Rokok disulut.
Sebelum ke pondok, ia pergi memastikan pintu air sudah terkunci. Selanjutnya,
ya, Uwak Bandi bergegas menyalakan perapian dari potongan-potongan kayu waru.
Ampuhlah untuk menghalau nyamuk, menawar dingin.
Lantas, ia duduk
bersandar di beranda pondok. Uwak Bandi mendapatkan dadanya sekonyong-konyong
padang. Lapang. Diselimuti kehangatan api, ia kembali memandang bulan bak
menyaksikan Kabah. He, Kabah 15 hari bulan, selorohnya ke diri sendiri. Tempias
angin mengatupkan kelopak matanya. Wahai, Tanah Suci, aku datang, igaunya.
Namun, saat kelelapan siap menyongsong, Uwak Bandi terperanjat oleh suara debum
air. Ia kumpulkan kesadaran, lalu berlari ke ufuk suara. Air pasang memenuhi
tambak, membobol benteng. Dinding tambak terluka!
Angin menyalak!
Suara hewan malam siur! Uwak Bandi banting langkah ke pintu air. Ampun, pintu
air jebol didongkel pasang. Ia kembali ke benteng yang terluka. Sebab, tak ada
faedahnya mengurusi pintu air yang roboh. Sudah pasti lubang yang bersemayam di
luka benteng bakal mengirim isi tambak ke paloh, terus ke laut. Uwak Bandi
terperangah, terengah. Ia sibuk merajut siasat, kewalahan mencari akal. Debur
air, sepadan ternak yang hambur keluar kandang, menciutkan nyalinya.
Uwak Bandi berlari
ke pondok, lalu kembali sambil menggendong setumpuk kayu waru. Dengan tubuh
yang bergetar, ia tancapkan kayu-kayu itu di mulut benteng yang jebol. Mana
tahu mumpuni menghadang pasang yang hendak pergi ke alam. Tapi, apalah daya
tancapan kayu di kumparan lumpur. Uwak Bandi menceburkan diri ke tambak. Ia
jongkok, menyurukkan lengkung punggungnya ke liang benteng. Pinak-pinak air
seperti jemari yang mencengkeram lehernya. Tapi, ia tak peduli. Sepasang
tangannya terus mendorong-dorong air agar pulang ke tambak. ”Ayo, timpas! Surut
kau air!” Uwak Bandi menghardik, terbata. Air bercampur lumpur menerobos
mulutnya. Menyumbat kerongkongannya!
Tapi, air tak
kunjung timpas—surut tak diturut. Terkaman pasang malah makin buas, menciptakan
lubang yang lebih besar. Tubuhnya tak mampu menjadi akar bakau penentang arus.
Pasang yang bergelicak deras memberantakkan wujud purnama di permukaan air.
Cahaya keemasan pecah, menjelma kilau kecemasan. ”Kabahku! Hancur Kabahku!”
Uwak Bandi meronta seperti kanak-kanak. Menempeleng pipi air bertubi-tubi untuk
apa? Toh, kerumunan tiger sebesar kuncup telapak tangan orang dewasa terus
melintasi tubuhnya sebelum akhirnya dirampas paloh, ditelan alam.
Uwak Bandi kehabisan
tenaga, kehilangan doa. Tubuhnya dilumpuhkan air pasang. Kepalanya terdongak ke
langit. Ei, mengapa dalam gontai kuyup pandangan, ia menyaksikan Haji Sazali
melayang ke pekarangan langit, menuju bulan? Haji Sazali tersenyum sambil melambaikan
tangan, semacam kibas ajakan. Uwak Bandi ingin menyahut lambaian itu. Tapi,
bentang tangannya tengah berjuang menjadi benteng. Air menyandera Uwak Bandi.
Bahkan, memerosokkan tubuhnya ke nganga lubang. Tenaga Uwak Bandi tinggal
ampas. Tubuhnya timbul tenggelam, diisap diembuskan air pasang. Ah, adakah yang
mampu mendengar gelepar tangisnya di perut air?
”Haji Sazali, tega nian kau meninggalkanku….” Medan, 2009