Sabtu, 02 Juni 2012

Seperti Kita Ketahui



6. Seperti Kita Ketahui

Kata-kata "seperti kita ketahui" sering digunakan untuk mengantarkan suatu hal yang sudah sama-sama diketahui baik oleh pembicara maupun mitra bicaranya.  Kalau penulis (dalam bahasa tertulis) atau pembicara (dalam bahasa lisan) beranggapan bahwa pembaca atau pendengar juga sudah mengetahui bahwa Penyebab penyakit Rabies itu adalah anjing, maka dia akan menulis atau mengatakan:
(1)   Seperti kita ketahui, penyebab penyakit rabies adalah anjing.  Kalau penulis/pembicara beranggapan bahwa pembaca atau pendengar sudah mengetahui bahwa negara kita adalah negara hukum, maka dia menulis:
(2)   Seperti kita ketahui, negara kita adalah negara hukum. Kata-kata "seperti kita ketahui"  kadang-kadang diubah (mengalami transformasi bentuk) menjadi "seperti Saudara ketahui", "Seperti Anda ketahui", atau "seperti yang telah kita ketahui bersama".
Bentuk-bentuk: (a) "Kita ketahui",  (b) "Saudara ketahui", dan (c) "Anda ketahui", dapat dikatakan sebagai bentuk pasif. 
Dalam pemakaian bahasa Indonesia, sering pula kita temukan bentuk-bentuk seperti itu diaktifkan menjadi: "seperti kita mengetahui", "seperti Saudara mengetahui", dan "seperti Anda mengetahui". Bdk. contoh berikut!
*  Seperti kita mengetahui, negara kita negara hukum.
* Seperti Saudara mengetahui, pendidikan itu mahal.
* Seperti Anda mengetahui, bumi yang kita diami ini berputar terus tanpa kita sadari.
Mencermati ketiga contoh di atas, muncul pertanyaan: tentang bentuk manakah yang betul, "seperti kita ketahui" atau "seperti kita mengetahui", "seperti Anda ketahui" atau "seperti Anda mengetahui"?  Dengan kata lain bentuk manakah yang betul, yang pasif atau yang aktif.
Bentuk aktif "seperti kita mengetahui" sama susunannya dengan "seperti kita melihat", "seperti kita mengerjakan".  Rangkaian kata yang merupakan kalimat itu dapat diubah susunannya menjadi "Kita seperti mengetahui", "Kita seperti melihat", "Kita seperti mengerjakan".  "Seperti kita mengetahui" dalam kalimat di atas jelas artinya berbeda dengan "Kita seperti mengetahui". 
Bentuk yang tepat adalah bentuk pasif "seperti kita/Saudara/Anda ketahui".  Pemakaian bentuk aktif  dapat diduga akibat/pengaruh, campur kode (interferensi) bahasa Inggris, yang untuk menyatakan pengertian itu selalu menggunakan bentuk aktif­  “as we know”.
"Seperti kita ketahui" adalah bentuk ringkas dari kalimat lengkapnya yaitu "Seperti (apa) yang telah kita ketahui".  Kalau kita mengatakan bahwa negara kita itu negara hukum, hal itu adalah seperti (apa) yang telah kita ketahui.  "Seperti kita ketahui" artinya 'sama dengan yang kita ketahui'.  Yang sama itu ialah (apa) yang kita ketahui bukan kita.  Oleh karena itu, bentuk yang tepat ialah "seperti kita ketahui" bukan "seperti kita mengetahui".
Dalam bentuk pasif hubungan antara pelaku (kita, Saudara, Anda) dan perbuatan (ketahui) amat erat sehingga tidak dapat disisipi kata-kata lain.  "Seperti  kita, Saudara, Anda ketahui" tidak dapat diubah menjadi "seperti kita, Saudara, Anda telah ketahui".
*Seperti kita telah mengetahui, negara kita adalah negara hukum, bukan kalimat yang baku. Kalimat yang bakunya ialah;
Seperti telah kita ketahui, negara kita adalah negara hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar