Minggu, 03 Juni 2012

Datang ke atau Datang di



21. Datang ke atau Datang di

Pada umumnya kata datang diikuti oleh kata depan di seperti pada kalimat:
(1)   Pengungsi itu datang di Bandara Soekarno pukul 20.00 WIB.
(2)   Kepada para siswa baru, kami mengucapkan selamat datang di Seminari Kisol. 
Sebaliknya kata pergi pada umumnya diikuti kata depan ke seperti  terlihat pada kalimat:
(3)   Paman pergi ke Singapura untuk perawatan yang lebih intensif.
(4)   Orang sederhana biasanya pergi ke rumah dukun untuk mencari pengobatan alternatif
Baik kata depan di maupun ke merangkaikan kata-kata yang diikuti kata-kata yang menyatakan tempat. Perbedaannya ialah pada datang di, kata depan di  menghubungkan perbuatan datang itu dengan tempat kedatangan, sedangkan kata depan ke pada pergi ke menghubungkan perbuatan pergi itu pada arah yang dituju.
Catatan: dalam beberapa pemakaian kata datang kadang-kadang juga diikuti ke. Pada akhir berita keluarga di RPD Ruteng misalnya, sering muncul pesan
(5) Harap segera datang ke Watucie. 
Perlukah pesan itu diubah menjadi: Harap segera datang di  Watucie atau  Harap segera pergi ke Watucie?
Kalimat bahasa Inggris Wellcome to Watucie diter­jemahkan menjadi Selamat datang ke Watucie.  Manakah yang lebih tepat: Selamat datang ke Watucie atau Selamat datang di Watucie?
Sebenarnya datang ke dan pergi ke maknanya hampir sama.  Perbedaannya terletak pada sudut pandangnya.  Dari sudut pandang pembicara yang berada di Watucie, maka sanak famili yang ada di Ruteng, Cancar, Labuan Bajo, Konang, Bajawa misalnya, diharapkan datang ke Watucie.  Sebaliknya, dari sudut pandangan sanak famili yang ada di Ruteng, Cancar, Labuan Bajo, Konang, Bajawa mereka itu pergi ke Watucie.  Jadi kepergian dari Ruteng, Cancar, Labuan Bajo, Konang, Bajawa adalah pergi ke Watucie, sedang bagi yang ada di Watucie adalah datang di Watucie.
Jadi, datang ke pada kalimat Harap segera datang ke Watucie meliputi proses berangkat dari Ruteng, Cancar, Labuan Bajo, Konang, Bajawa sampai tiba di Watucie.  Sebaliknya, datang di pada kalimat: Ketika mereka datang di Watucie hari sudah gelap, sama artinya dengan ketika mereka tiba di Watucie hari sudah gelap.  Dalam pengertian ini datang maknanya berlawanan dengan pergi.  Datang artinya tiba di suatu tempat, sedang pergi artinya meninggalkan suatu tempat.
Apabila perbuatan datang itu yang ditekankan, asal kedatangannya, maka digunakan kata depan dari. Mereka datang dari Bajawa. Paman baru saja datang dari Singapura.
Jadi kata datang dapat diikuti kata depan di, ke, dan dari.  Datang ke, meskipun maknanya hampir sama dengan pergi ke, tidak perlu diganti dengan pergi ke, karena ada perbedaan sudut pandang di antara keduanya.  Datang yang artinya sama dengan tiba harus selalu diikuti dengan kata depan di bila dihubungkan dengan tempat kedatangannya.  Oleh karena itu, ucapan Selamat datang ke ... tidak tepat, yang betul adalah Selamat datang di ....  Apabila yang mau ditonjolkan asal kedatangannya dapat ditambahkan kata depan dari menjadi datang dari....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar