Sabtu, 02 Juni 2012

Tetapi dan Melainkan


-->
3. Tetapi  dan Melainkan?

Kata perangkai tetapi bertugas menghubungkan dua kata atau dua anak kalimat yang bermakna berlawanan.  Misalkan saja, dua siswa  kakak beradik (Yanto dan Aldy). Yanto, kakaknya, pendek  sedangkan Aldy, adiknya, tinggi. Kenyataan seperti ini dapat dikatakan bahwa:
(1) Kakaknya pendek, tetapi adiknya tinggi.
Kata perangkai melainkan digunakan untuk meng­hubungkan benda atau hal yang tidak dimaksudkan dengan benda. Melainkan digunakan untuk menghubungkan sesuatu yang ditolak dengan yang di­"ya"-kan.  Kata melainkan didahului oleh kata bukan yang diikuti kata benda atau kata ganti. Bdk. kalimat (2 dan 3)
(2) Bukan Gedung Putih yang digempur teroris, melainkan gedung WTC dan Pentagon.
(3) Buronan yang ditangkap polisi itu bukan Thomy, melainkan Ginandjar Tamaksaki
Kata melainkan biasanya dipakai untuk mengingkari kata kerja (verba). Dalam hal ini, kata bukan sering juga diganti dengan bukannya. Bdk. kalimat  (4 dan 5)
(4) Pak Polisi  bukannya meminta keterangan, melainkan menyiksa pencuri itu.
(5) Kami bukannya menolak permintaan itu, melainkan menuntut penjelasan.
Kesalahan dalam berbahasa sering terjadi justru karena orang menggunakan kata  tetapi untuk kalimat yang seharusnya meng­gunakan kata   melainkan. Seperti tampak pada  Kalimat (*6) dan (*7)
(*6) Yang sakit itu bukan  Paman Thommy, tetapi Paman Samuel.
(*7) Bukannya ia meminjam, tetapi mencuri.
Kalimat-kalimat tersebut seharusnya menggunakan kata perangkai melainkan, sehingga menjadi seperti (kalimat  8 dan 9)
(8) Yang sakit itu bukan  Pak Thommy, melainkan  Pak Samuel.
(9) Bukannya ia meminjam, melainkan mencuri.
Persoalannya muncul bagaimana kalau di antara kata bukan dan bukannya dengan kata benda, kata ganti, kata kerja yang meng­ikutinya disela (diantarai) oleh kata lain?  Bagian  yang ditolak atau diingkari itu bukan kata benda, kata ganti atau kata kerja, melainkan kata yang secara langsung mengikuti kata bukan. Dari contoh (10 dan 11) manakah yang betul?
(10) Bukan hanya guru yang gajinya kecil, tetapi juga pegawai negeri yang lain.
(11) Bukan hanya guru yang gajinya kecil, melainkan juga pegawai negeri yang lain.
Kita perlu membandingkan bentuk atau pola itu dengan pola bahasa asing. Pola susunan dalam bahasa Inggris berbunyi "not only ... but also..." itu dalam bahasa Indonesia "bukan hanya ... tetapi juga ... " bukannya "bukan hanya ... melainkan juga…" Contoh (10) di atas jelas sekali bahwa yang ditolak atau diingkari itu bukan kata guru, melainkan kelompok kata hanya guru.  Jadi yang tepat ialah:
Bukan hanya guru yang gajinya kecil, tetapi juga pegawai negeri yang lain (kalimat 10 bukan kalimat 11).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar