Minggu, 03 Juni 2012

Tampak atau Nampak?



17.Tampak  atau Nampak?


Kata nampak dan tampak sering dipakai bersama-sama dengan makna yang sama.  Kata tampak dapat diganti dengan nampak, begitu pula sebaliknya.
Poco Ndeki  tampak jelas untuk semua warga Seminari Kisol.
Poco Ndeki  nampak jelas untuk semua warga Seminari Kisol.
Kata dasar tampak dalam proses morfolologis dapat dibubuhi awalan (afiksisasi) meN- (me- Nasal) dan akhiran -kan menjadi menampakkan.  Tampak artinya terlihat atau kelihatan.  Menampakkan artinya menjadikan atau menyebabkan sesuatu itu tampak atau kelihatan.  Menampakkan berarti memperlihatkan.  Karena fonem awal kata dasar tampak itu konsonan tidak  bersuara (/t/), konsonan itu hilang atau luluh jika diberi afiksisasi dengan meN.
Jadi, kata tampak merupakan kata dasar, sedang nampak bukan lagi kata dasar.  Kata nampak merupakan pemendekan dari kata menampakkan (diri).  Sebenarnya nampak lebih banyak menunjukkan aktivitas daripada tampak.
Pada malam yang cerah bulan dan bintang menampakkan diri.
Pada malam yang cerah bulan dan bintang  tampak bersinar  terang.
Pada malam yang cerah  bulan dan bintang tidak tampak di angkasa.
Dalam bidang teknik bangunan, kata tampak dan nampak  sering dipakai dalam pengertian yang lain. Kita sering mendengar ucapan/istilah tampak samping atau tampak depan.  Tampak samping atau tampak depan dalam konteks teknis bangunan diartikan sama dengan sisi bangunan yang terlihat dari samping atau dari depan.  Dalam pengertian ini kata tampak tidak dapat digantikan dengan nampak.
Bentuk nampak sejajar dengan *nengok, *mbolos, *ngobrol, berupa kata dasar ditambah sengauan yang masih tersisa dari awalan meN-.  Bentuk-bentuk nampak, nengok, mbolos, ngobrol, itu adalah bentuk-bentuk yang tidak lengkap dan dipengaruhi dialek Jawa.  Bentuk yang lengkap ialah menampakkan, menengok, membolos, dan mengobrol.  Oleh karena itu lebih tepat dikatakan: Malam itu bulan tidak menampakkan diri atau Malam itu bulan tidak tampak daripada: Malam itu bulan tidak nampak.
Antara kata tampak dan nampak sebenarnya tidak memiliki perbedaan makna. Kedua kata itu dapat digunakan secara bergantian dengan makna yang sama.  Hanya dari segi bentuk nampak memang tidak lengkap, karena itu kata tampak lebih baik (baku) daripada nampak.

3 komentar:

  1. Terima kasih Pak Bone atas tulisan Bapak yang bermanfaat ini. Maaf Pak, apakah kata " Pak " dan " Bapak " dalam kalimat yang Saya tulis ini benar ? Bagaimana pula dengan kata " Saya " ?

    BalasHapus
  2. Hal sederhana tapi sangat membantu :) salam kenal gan

    BalasHapus