Senin, 04 Juni 2012

Dan, Maupun



26. Dan,  Maupun

Kata tugas ‘dan’ dan ‘maupun’ dalam pemakaiannya tidak mengemban fungsi yang sama. Pemakaian kata dan kata maupun memberikan  fungsi yang berbeda.  Dalam praktiknya, pemakaian kedua kata itu sering dikacaukan.
(1)     *Ujian Cawu II di SMUN Binget  diselenggarakan secara tertulis maupun lisan.
(2)     *Ronald Mujur maupun adiknya Andri Mujur tidak hadir dalam pertandingan itu. 
Kedua kalimat itu seharusnya seperti kalimat (3) dan (4) berikut:
(3)     Ujian Cawu II di SMUN Binget  diselenggarakan secara tertulis dan lisan.
(4)     Ronald Mujur dan adiknya Andri Mujur tidak hadir dalam pertandingan itu.
Kata ‘maupun’ dalam pemakaiannya selalu dipertautkan dengan pemamakaian kata yang lain. Pemakaian kata maupun menuntut pemakaian atau tidak dapat dipisahkan dari kata pemakaian kata baik.  Kata tugas tersebut merupakan suatu rangkaian tampak dalam satu rangkaian: “baik ... maupun ....” Jadi penggunaan kata maupun hendaknya didahului oleh baik. Jika kalimat (1) dan (2) di atas dibakukan dalam konteks seperti ini, maka akan ditemukan kalimat seperti (5) dan (6) berikut ini:
(5)     Ujian Cawu II di SMUN Binget  diselenggarakan baik secara tertulis maupun lisan.
(6)     Baik Ronald Mujur maupun adiknya Andri Mujur tidak hadir dalam pertandingan itu.
Kata dan tidak dapat digantikan dengan maupun, begitu juga sebaliknya. Bandingkan kalimat (7) berikut:
(7)     Baik Ronald Mujur dan adiknya Andri Mujur tidak hadir   dalam pertemuan itu.
Kalimat tersebut tidak tepat karena kata ‘baik’ mensyaratkan perangkaiannya dengan kata ‘maupun’ bukannya kata ‘dan’. Kata tugas dan mengemban fungsi menjumlahkan beberapa unsur.  Unsur-unsur yang ditambahkan itu sekurang-kurangnya dua.  Dalam hal unsur-unsur itu lebih dari dua,  (berkaitan dengan rincian/pemerian) kata ‘dan’ itu cukup disebut satu kali, dan kata ‘dan’ disebutkan sebelum unsur yang terakhir.  Unsur-unsur yang disebutkan sebelum dan  dapat diganti dengan pemakaian pungtuasi atau tanda baca, tanda koma (,). Bandikan kalimat (8) dan (9).
(8)     Edwar Sentosa membawa sabit dan parang.
(9)     Mendra Mbrembengus membeli kue, pisang molen, buku tulis, sabit, dan sepatu.
Kata tugas baik ... maupun ... tidak sekedar untuk menjumlahkan, melainkan juga menegaskan adanya kesamaan antara unsur-­unsur.  Jadi hal yang disebutkan dalam kalimat itu berlaku bagi unsur-unsur yang mengikuti baik dan maupun. Lihat kalimat (10) berikut:
(10) Baik Tomy maupun Timy dinyatakan lulus tes masuk ke Seminari Kisol.
Kaliman (10) mengandung pengertian bahwa  antara Tomy dan Timy ada kesamaan yaitu lulus dalam tes untuk masuk ke Seminari Kisol. Kelulusan itu  berlaku baik bagi Tomy  maupun bagi Timy.
Kata tugas dan dan maupun mempunyai fungsi yang berbeda.  Kata maupun selalu berada dalam satu rangkaian dengan baik. Lebih tepat mengikuti pemakaian kata baik.  Kata tugas baik ... maupun ... tidak hanya menjumlahkan unsur-unsur melainkan juga menegaskan adanya kesamaan antara unsur-unsur yang diantarkannya.

5 komentar:

  1. bedanya "ataupun" dan "maupun" itu apa ya kak? Apakah kata "ataupun" lebih baik digunakan dalam kalimat ketika tidak ada kata "baik"? ditunggu balasannya ya kak hehe^-^

    BalasHapus
  2. @Zikin belajar tak kenal waktu bro hehhe

    BalasHapus