Jumat, 14 Desember 2012

IMPLIKATUR “infoBIZ” HARIAN SURYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PARAGRAF DI SMA




1.      Pendahuluan
Tulisan ini dibuat sebagai bentuk aplikasi praktis dari perkuliahan Pragmatik yang amat luas cakupannya. Karena itu, tulisan ini hanya mengangkat salah satu bagian kecil dari masalah pragmatik yang berkaitan dengan masalah tindak tutur.  Pelbagai hal yang bertalian dengan pembicaraan tentang tindak tutur telah dibicarakan secara teoretis dalam kuliah pragmatik sehingga dalam tulisan ini hal yang sifatnya teoretis itu sengaja tidak ditampakkan. Karena sifatnya aplikatif, yang ditampilkan hanyalah data kebahasaan yang dipilih untuk dijadikan titik tolak proses analisis yang bertumpu pada pemahaman pragmatik. Problem utama yang diangkat dalam tulisan ini adalah melihat dan menganalisis data kebahasaan  berupa teks utuh.
Data kebahasaan atau teks utuh yang dipilih dalam tulisan ini bersumber pada harian SURYA edisi Selasa, 20 Juli 2012 halaman 5. Ada tiga teks/wacana utuh berupa wacana iklan yang dikenal sebagai rubrik infoBiz (Informasi Bisnis). Ketiga wacana ini masing-masing dianalisis dalam konteks pembahasaan tentang implikatur 

2.      Dasar Teori Pragmatik
Secara etimologis kata ‘implikatur’ dibentuk dari kata bahasa Latin im- berarti di dalam plicare berarti melipat di dalam. Implikasi berari menyembunyikan sesuatu di dalam sesuatu yang lain. Dalam konteks percakapan atau tuturan implikatur berarti sesuatu yang tersembunyi di dalam tuturan atau percakapan yang dinyatakan. Jelasnya, implikatur berarti tuturan yang tersembunyi dibalik tutran yang terungkap.  Contoh kalau ada tuturan “berobat ke mana-mana tidak tidak sembuh, datanglah klinik Nur Alam” Pernyataan seperti ini sebenarnya menyembunyikan pernyataan lain (1) tidak perlu berobat ke mana-mana (2) kesembuhan tidak dapat ditemukan di tempat lain (3) Klinik Nur Alam menyiapkan kesembuhan. Persoalan-persoalan seperti ini merupakan hal menarik berkaitan dengan penggunaan bahasa yang luput dari kajian berkaitan dengan kaidah sintaksis dan semantik. Pragmatik mencoba menjelaskan fenomena tuturan seperi ini dengan menggunakan prinsip percakapan’ (Bilmer, l986: 27).
Kata implikasi  harus dibedakan dari kata implikatur karena dua istilah itu merujuk pada hubungan logika yang ditandai dengan kehadiran dua proposisi. Dalam penalaran, proposisi itu biasanya dilambangkan dengan rumus logika atau penalaran yang dirumuskan dalam hukum jika p maka q.  Rumus logika seperti ini tampaknya abstrak karena itu bisa dikonkretkan melalui contoh tuturan. Jika benar bahwa hanya Kota Malang yang beratribut Kota Bunga maka impilkaturnya tidak ada kota lain yang disebut sebagi kota Bunga. Jika ada kota lain beratribut kota Bunga maka pernyataan hanya kota malang yang beratribut kota bunga menjadi salah.
Implikatur percakapan merupakan gagasan penting dalam pragmatik. Ihwal implikatur percakapan diajukan oleh H. Paul Grice, yang dianggap sebagai pencetus teori implikatur, dalam ceramah William James di Universitas Harvard pada tahun 1967. Sebenarnya tahun 1957 filsuf Grice ini pernah membedakan antara apa yang disebut makna alami (natural meaning), seperti pada kalimat “Awan gelap berarti hujan” dan makna nonalami (non-natural meaning) atau makna-nn (meaning nn) (Louise Cummings, 2007:13).
Pemahaman akan persoalan Implikatur percakapan penting karena dalam berkomunikasi dengan orang lain seseroang harus menafsirkan uajaran orang lain. Menafsirkan itu tidak selalu mudah karena terbuka kemungkinan kesalahpahaman terhadap tuturan, Karena itu gagasan Leech yang melihat proses interpetesasi cenderung ke arah tebakan atau lebih sebagai usaha pembentukan hipotesis’ (l983: 30-31) dapat diterima.
Grice membedakan implikatur menjadi dua yakni implikatur konvensional dan implikatur nonkonvensional (konversasional). Implikatur konvensional mengacu pada implikasi makna langsung, dan implikatur konversasional mengacu pada implikasi makna tidak langsung. Implikasi konvensional lebih mudah menarik simpulan makna yang terkandung dalam tuturan, sedangkan dalam implikatur konversasional harus melibatkan fenomena lain, seperti prinsip kerjasama dan konteks tuturan yang melatari. Penggunaan istilah implikatur konversasional berkembang dengan pemakaian istilah implikatur percakapan, dan juga silih berganti dengan istilah implikatur nonkonvensional.
Makna yang terdapat pada implikatur percakapan merupakan suatu yang disarankan penutur. Makna yang disarankan penutur berbeda dari apa yang dimaksud secara harfiah. Bahkan Grice menyatakan bahwa implikatur percakapan diartikan sebagai makna tidak langsung yang ditimbulkan oleh apa yang dituturkan oleh Penutur. Implikatur dan termasuk implikatur percakapan adalah informasi implisit yang dapat ditentukan berdasarkan suatu tuturan. Kenyataan tersebut mengisyaratkan bahwa dalam berkomunikasi antara penutur dengan mintra tutur sangat memungkinkan adanya wujud tuturan yang berbeda dengan sesungguhnya. Antara implikatur konvensional dan implikatur percakapan terdapat perbedaan dalam pemaknaanya.
Model tindak ujar yang berimplikatur seperti ini dapat ditemukan dalam berbagai ragam wacana termasuk dalam ragam bisnis (iklan). Tiga teks yang dipilih untuk kepentingan penulsian makalah ini juga memuat aneka implikatur. Sebagai teks iklan (ragam bisnis) ketiga wacana didominasi oleh pernyataan yang berimplikatur amat kaya.  Ketiga wacana iklan itu akan dianalisis dalam konteks pragmatik. Ada beberapa langkah penting yang dilewati dalam proses menganalisis persoalan implikatur pada tiga wacana yang dipilih yaitu (1) menganalisis dan mendeskripsikan struktur formal dari masing-maing wacana (2) menganalisis dan mendeskripsikan masalah implikatur dari ketiga wacana (3) menganalisis dan mendeskripsikan relevansi struktur dan isi ketiga wacana itu dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

3.      Data Kebahasaan
Data kebahasan yang digunakan dalam tulisan ini bersumber dari Harian SURYA edisi Selasa, 20 Juli 2012 halaman 5, khususnya kolom InfoBiZ (Informasi Bisnis). Ada tiga wacana dan teks lengkapnya sebagai berikut

1. Tidak Mengeluh Asam Urat

“SEJAK TAHUN 2008  saya menderita asam urat” ucap H.Samso ketika ditemui di kediamannya di Kel Kebon Sari, Kec. Sumber Sari, Jember, Jawa Timur. Kalau asam urat saya kambuh, saat  bangun tidur tangan tidak bisa digerakkan” keluh pria berusia 68 tahun tersebut. Asam urat bukanlah nama sebuah penyakit namun ia adalah suatu zat sisa metabolisme  zat yang bernama purin yang berasal dari  makanan yang yang kita konsumsi. Keadaan di mana tubuh  mengalami kelebihan kadar asam urat disebut hyperuricemia. Namun jika purin yang masuk dalam tubuh terlelu banyak , maka ginjal akan kesulitan mengeluarkan zat tersebut sehingga terjadi  penumpukan sisa metabolismenya (asam urat). Penumpukan sisa metabolisme zat purin di persendian dapat menyebabkan bengkak dan rasa nyeri.
Beruntung, pensiunan pegawai bank ini telah menemukan solusi yang  tepat untuk mengatasi keluhannya, yakni dengan minum Gentong Mas, minum herbal dengan kandungan vitamin dan nutrisi bermutu.  Bahan utama Gentong Mas yaitu Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) terbukti memiliki banak manfaat bagi keseghatan. “sudah 6 bulan saya minum Gentong Mas, baru minum 3 kotak sudah terasa manfaatnya. Badan kini sehat dan jarang sakit, keluhan akibat asam uratpun hilang.” Tuturnya.
(Habbatussauda) dalam Gentong Mas bermanfaat untuk menormalkan metabolisme, termasuk metabolisme purin sebagai pembentuk asam urat yang dipercaya dapat meningkatkan pengeluaran asam urat dari darah melalui uriene.
Selain itu, Gula Aren dalam Gentong Mas selain memiliki rasa manis dan lezat juga abermanfaat menurunkan penyerapan lemak dan perbaikan sistem saraf.
Dapatkan Gentong Mas di Apotik/toko obat terdekat.
Info lebih lanjut kunjungi  www.gentong mas.com atau hubungi:
Surabaya, malang, madiun, kediri, mojokerto, Gersik,
Blitar, Banywangi, Sidorajo,
Tulungagung, Jombang, Jember , Terggalek,
Magetan, Probolinggo, nGanjuk, Pasuruan, Ponorogo,
Bojonegoro, Situbondo, Ngawi, Bondowoso, Lamongan,
Tuban, Lumajang, Bangkalan, Sampang,
Pamekasan, Sumenep, Pacitan,
(catatan pada teks dilengkapi dengan nomor telepon)


2. Zhong Jing Tang
Solusi Tepat Obati Hepatitis dan Liver

Berpengalaman menangani Kanker, Tunmor, Prostat, Batu Ginjal, Diabetes dan segala penyakit
Hepatitis dan liver adalah suatu istilah untuk sekumpulan kondisi penyakit dan infeksi yang mempengaruhi sel-sel, jaringan-jaringan struktur dan fungsi dari hati. Seperti kita ketahui, beberapa fungsi hati adalah untuk menyaring darah, memproses, dan mengikat lemak pada pengangkutnya (protein) termasuk kolesterol. Sedangkan penyakit liver menyebabkan fungsi hati tidak dapat berfungsi dengan baik
Biasanya pada fase awal pasien tidak merasakan keluhan apa pun, namun jika telah merasakan  gejala-gelaja sebagai berikut yaitu antara lain kekuningan pada kulit, urin menjadi coklat seperti teh, mual, kehilangan nafsu makan, naik/turunnya berat badan yang abnormal, diare, warna tinja yang pucat, nyeri perut bagian kanan atas, maka harus segera diobati karena akan mengganggu fungsi hati. Sarana  pengobatan Tradisional Zhong Jing Tang satu-satunya yang menggunakan metode khusus pengoobatan tradisional Tiongkok yang sangat efektif untuk mengobatai berbagai macam penyakit termasuk penyakit hepatitis dan liver. Obat hanya ditempelkan di tempat penyakit serta dengan getaran listrik statik, obat langsung sampai ke bagian tubuh yang sakit. Bersamaan dengan minum obat herbal maka dapat memulihkan fungsi liver serta meningkatkan daya tahan tubuh agar penderita pulih kesehatannya.
Dengan sekitar lima hingga tujuh hari pengobatan langsung terasa hasilnya. Efektif mengobati penyakit hepatitis, liver dengan gangguan hati tanpa operasi derta tanpa efek samping dan pasien pasti mengalami pernbaikan kondisi yang signifikan.
Selain itu, Zhong Jing Tang juga efektif untuk mengobati tumor, kanker, thiroid, prostat, diabetes, batu ginjal, uremia, epilepsi dan berbagai penyakit lain.
Segera  kunjungi Sarana Pengobatan Tradisional Zhong Jing Tang
dan nikmati promo gratis untuk semua biaya konsultasi dan pemeriksaan,
serta dapatkan diskon biaya obat 50 persen.
( ZHONG JING TANG MEMBERIKAN BUKTI BUKAN JANJI (ikl)



3.   Penderita Kanker Kelenjar Tiroid Stadium Tiga

Kanker didefisikan sebagai pertumbuhan tidak terkontrol, sel-sel yang menyerang dan menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, misalnya kanker Kelenjar Tiroid muncul akibat meliputi gejala hidung dan telinga, saraf dan gejala dari penyebaran tumor ke kelenjar limfe serfival. 
Gejala telinga adalah rasa penuh tak enak, kadang tuli akibat oklusi tuba Eustachi, atau otitis media serosa dan Adinolodewo sinus, semua penyakit tersebut akan mengancam kehidupan jika tidak di Diagnosis dan diobati sejak dini. 
Begitu juga Klinik Harapan Sehat yang sudah dipercaya (klaim) di kalangan masyarakat bisa mengatasi berbagai penyakit kanker payudara, nasofaring, getah bening/kelenjar tiroid, kulit, hati, limforma, rahim, pankreas dan penyakit dalam seperti strok, diabetes, liver, dan lain-lain, cara pengobatannya dengan metode Tradistional Chinese Medicine (TCM) akupungtur dan dibaungkan dengan pengobatan modern, pengobatan tersebut tanpa operasi, begitu juga yang dialami ibu Indah Wati yang mempunyai penyakit kanker kelenjar Tiroid stadium tiga yang berobat di Klinik Harapan Sehat selama  selama dua paket, diawal pengobatan ibu Indah Wati  terdapat benjolan di kiri sampai ke leher bagian depan (lihat foto sebelumnya dan sesudah pengobatannya Enam (15) hari mengalami perubahan signifikan dan pengobatan selanjutnya selanjutnya ada kemajuan yang sangat mendekati normal, selama ini saya sangat terganggu adanya penyakit yang menggerogoti leher saya, sampai-sampai membengkak, kini saya lega bisa normal kembali karena penyakit kanker Kelenjar Tiroid saya telah sembuh, setelah hasil check up dari Laboratorum dan CT scan mengatakan bahwa sel-sel kanker sudah hilang” kata ibu Indah, jika ingin menanyakan soal penyakit saya hubungi hp 082264772174
Apa yang dikatakan ibu Indah Wati adalah benar, tidak ada unsur pemaksaan dari pasien kami. Bagi pasien yang mengalami pengobatan di Klinik Harapan Sehat akan merasakan hasilnya setelah tiga sampai lima hari dan setelah pengobatan 15 hari pasien dianjurkan untuk check up di Laboratorium guna mengetahui hasil yang sesungguhnya.
Terapi TCM juga mengatasi rasa nyeri, mual dan resah, menambah nafsu makan dan pemulihan kondisi fisik serta mengakibatkan kualitas hidup pasien. Pesan dari Klinik Harapan Sehat untuk pasien yang menderita kanker, jika berobat ke mana-mana belum berhasil datang langsung ke klinik kami dan Sistem pengobatan  kami dengan herbal, tidak menimbulkan kerontokan pada rambut dan tidak ada efek samping, semua itu sudah dibuktikan oleh pasien.
INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI
JL.GAYUNGSARI BARAT III/47-49 SURABAYA
TELP.(031)829-2116 829 0998 HP.081331976788
“BIAYA KONSULTASI GRATIS”
Disediakan mobil antar jemput dari Juanda ke Juanda
Buka jam 07.00-12.00 wib
“BISA RAWAT INAP”

3.1 Pola dan Struktur Ketiga Wacana
Tiga wacana yang dipilih bersumber dari harian SURYA edisi Selasa,  20 Juli 2012 dengan judul (1) Tidak Mengeluh Asam Urat (2) Solusi Tepat Obati Hepatitis dan Liver (3) Penderita Kanker Kelenjar Tiroid Stadium 3. Setelah ketiga wacana tersebut dicermati dan dianalisis maka ditemukan adanya Pola dan Struktur yang sama untuk ketiga wacana tersebut. Pola dan struktur itu dapat dilihat pada tabel atau matriks berikut.

Tabel : Pola dan Struktur Wacana  InfoBIZ SURYA edisi Selasa, 20 Juli 2012


UNSUR-UNSUR
PRODUK/JASA YANG DIPROMOSIKAN
GENTONG MAS
ZHONG JING TANG
KLINIK HARAPAN SEHAT
Judul
Tidak Mengeluh Asam Urat
Solusi Tepat Obati Hepatitis dan Liver
Penderita Kanker Kelenjar Tiroid Stadium 3
Deskripsi Ilmiah
Asam urat bukanlah nama sebuah penyakit namun ia adalah suatu zat sisa metabolisme  zat yang bernama purin yang berasal dari  makanan yang yang kita konsumsi. Keadaan di mana tubuh  mengalami kelebihan kadar asam urat disebut hyperuricemia. Namun jika purin yang masuk dalam tubuh terlelu banyak , maka ginjal akan kesulitan mengeluarkan zat tersebut sehingga terjadi  penumpukan sisa metabolismenya (asam urat).
Hepatitis dan liver adalah suatu istilah untuk sekumpulan kondisi penyakit dan infeksi yang mempengaruhi sel-sel, jaringan-jaringan struktur dan fungsi dari hati. Seperti kita ketahui, beberapa fungsi hati adalah untuk menyaring darah, memproses, dan mengikat lemak pada pengangkutnya (protein) termasuk kolesterol. Sedangkan penyakit liver menyebabkan fungsi hati tidak dapat berfungsi dengan baik
Kanker didefisikan sebagai pertumbuhan tidak terkontrol, sel-sel yang menyerang dan menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, misalnya kanker Kelenjar Tiroid muncul akibat meliputi gejala hidung dan telinga, saraf dan gejala dari penyebaran tumor ke kelenjar limfe serfival
Deskripsi kondisi yang mencemaskan/ bernada negatif
Namun jika purin yang masuk dalam tubuh terlalu banyak , maka ginjal akan kesulitan mengeluarkan zat tersebut sehingga terjadi  penumpukan sisa metabolismenya (asam urat). Penumpukan sisa metabolisme zat purin di persendian menyebabkan bengkak dan rasa nyeri.

Gejala antara lain kekuningan pada kulit, urin menjadi coklat seperti teh, mual, kehilangan nafsu makan, naik/turunnya berat badan yang abnormal, diare, warna tinja yang pucat, nyeri perut bagian kanan atas, maka harus segera diobati karena akan mengganggu fungsi hati.

Gejala telinga adalah rasa penuh tak enak, kadang tuli akibat oklusi tuba Eustachi, atau otitis media serosa dan Adinolodewo sinus, semua penyakit tersebut akan mengancam kehidupan jika tidak di Diagnosis dan diobati sejak dini
Pemakaian bentuk/gaya repetis berkaitan dengan produk
Gentong Mas digunakan 6 kali dalam teks/wacana
Pengobatan Tradisonal Zhong Jing Tang digunakan 5 kali dalam teks/wacana
Klinik Harapan Sehat digunakan 4 kali dalam teks/wacana
Klaim keunggulan produk yang ditawarkan
Beruntung, pensiunan pegawai bank ini telah menemukan solusi yang  tepat untuk mengatasi keluhannya, yakni dengan minum Gentong Mas, minum herbal dengan kandungan vitamin dan nutrisi bermutu.  Bahan utama Gentong Mas yaitu Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) terbukti memiliki banyak manfaat bagi keseghatan. “
Berpengalaman menangani Kanker, Tumor, Prostat, Batu Ginjal, Diabetes dan segala penyakit
Satu-satunya yang menggunakan metode khusus pengobatan tradisional Tiongkok yang sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk penyakit hepatitis dan liver; mengobati berbagai jenis penyakit tanpa operasi, hasil yang signifikan

jika berobat ke mana-mana belum berhasil datang langsung ke klinik kami dan Sistem pengobatan  kami dengan herbal, tidak menimbulkan kerontokan pada rambut dan tidak ada efek samping, semua itu sudah dibuktikan oleh pasien.

Kutip Wicara
“SEJAK TAHUN 2008  saya menderita asam urat” ucap H.Samso ketika ditemui di kediamannya di Kel Kebon Sari, Kec. Sumber Sari, Jember, Jawa Timur. Kalau asam urat saya kambuh, saat  bangun tidur tangan tidak bisa digerakkan” keluh pria berusia 68 tahun tersebut.
Begitu juga Klinik Harapan Sehat yang sudah dipercaya di kalangan masyarakat bisa mengatasi berbagai penyakit kanker payudara, nasofaring, getah bening/kelenjar tiroid, kulit, hati, limforma, rahim, pankreas dan penyakit dalam seperti strok, diabetes, liver,  cara pengobatannya dengan metode Tradistional Chinese Medicine
…selama ini saya sangat terganggu adanya penyakit yang menggerogoti leher saya, sampai-sampai membengkat, kini saya lega bisa normal kembali karena penyakit kanker Kelenjar Tiroid saya telah sembuh, setelah hasil check up dari Laboratorum dan CT scan mengatakan bahwa sel-sel kanker sudah hilang” kata ibu Indah, jika ingin menanyakan soal penyakit saya hubungi hp 082264772174
Gambar/foto
Foto H.Hamso, pasien yang mendapatkan kesembuhan
Gambar/foto beberapa wadah berisi ramuan obat yang promosikan
Gambar/foto Ibu Indah Wati, pasien yang disembuhkan
 Imperatif akhir
Dapatkan Gentong Mas di Apotik/toko obat terdekat. Info lebih lanjut kunjungi  www.gentong mas.com atau hubungi
Segera hubungi Zhong Jing Tang

Informasi lebih lanjur hubungi….ada 30-an kota yang dicantumkan beserta nomor telepon yang bisa dihubungi

3.2 Deskripsi Data

1.      Berdasarkan tabel atau matriks di atas dapat diketahui bahwa Rubrik/Kolom InfoBIZ pada harian Surya edisi Selasa, 20 Juli 2012 berisi promosi tentang produk atau barang dan jasa yang diarahkan kepada peara pembaca harian SURYA. Proudk itu adalah GENTONG MAS dan jasa pelayanan  ZHONG JING TANG dan KLINIK HARAPAN SEHAT
2.      Ketiga wacana itu, juga memuat unsur informasi penting yang bukan saja bernilai informatif tetapi juga bernilai edukatif. Hal ini tampak pada adanya bagian yang berisi tentang penjelasan yang ilmiah berkaitan dengan produk/barang dan jasa yang amat berguna bagi masyarakat pembaca. Dalam gaya dan struktur yang hampir sama setiap wacana menampilkan deskripsi dan argumenatsi ilmihaterkait barang dan jasa yang hendak dipromosikan kepada masaa pembaca.
3.      Setiap wacana juga menguraikan, mendeskripsikan kondisi yang mengancam kehidupan manusia dengan menampilkan secara rinci pelbagai jenis penyakit dengan gejalanya yang pada intinya mendisposisikan pembaca pada kondisi yang mencemaskan dan menakutkan. Tentu, akan terasa lebih kuat jika apa yang dideskripsikan dalam wacana itu juga dialami pembaca. Gambaran yang mencemaskan ini mengarahkan pembaca pada penentuan sikap yang tepat.
4.       Ketiga wacana menggunakan gaya repetisi/pengulangan berkaitan dengan nama produk.barang dan jasa yang ditawarkan kepada para pembaca
5.      Ketiga wacana memiliki pola yang sama dalam meyakinkan pembaca dengan mengemukakan klaim keunggulan tentang produk/barang dan jasa yang dipromosikan. Klaim-klaim keunggulan itu dirumuskan dalam bahasa yang cenderung bombastis karena mengaggap produk/barang dan jasanya paling unggul bahkan sebagai satu-satunya.
6.      Klaim keunggulan pada ketiga wacana dilengkapi atau diperkuat dengan teknik pembuktian melalui prinsip kutip wicara atau pernyataan pihak/orang tertentu yang menjelaskan hebat dan ampuhnya produk/barang dan jasa yang ditawarkan. Pernyataan dan kesaksian tokoh yang dikutip menjadi sarana pendukung pernyataan keunggulan produk/barang dan jaasa. Bahkan pada wacana pertama dikutip pula otoritas berupa keterangan telah mendapat izinan dari Depkes RI.
7.      Ketiga wacana menampilkan gambar dan foto sebagai pelengkap atau pendukung pernyataan pada keseluruhan wacana.
8.      Pada bagian akhir ketiga wacana tertulis kalimat perintah atau imperatif yang dikaitkan dengan alamat tempat tersedianya produk/barang dan jasa yang ditawarkan. Imperatif itu disusul dengan alamat tempat/pihak yang bisa dihubungi. Pada bagian ini terlihat variasi jumlah tempat atau alamat.

3. 3 Implikatur dari Ketiga Wacana
Semua unsur yang membentuk pola dan struktur setiap wacana yang dianalisis ini mempunyai implikatur. Jika dilihat dari jenis implikaturnya ketiga teks ini lebih banyak menggunakan implikatur konversasional (nonkonvensinal) daripada implikatur konvensional (langsung). Semua unsur pembentuk wacana secara tidak langsung mau mengatakan sesuatu yang lain secara tersembunyi dalam rumusan yang tertulis.  Dalam konteks tindak tutur, apa yang ditulis pada ketiga wacana itu tidak saja berkaitan dengan persoalan lokusi, ilokusi, dan perlokusi tetapi mengandung banyak implikatur.
Semua pernyataan pada ketiga wacana ini bukan sekadar tindak lokusi yang bermodus deklaratif, interogatif, dan imperatif tetapi mengarah pada tindak ilokusi dan perlokusi. Ketika ketiga wacana tersebut dibaca; dimaknai; dan dirasakan  berpengaruh pada pembaca untuk bertindak dan merasakan adanya efek tertentu di sana ketiga wacana mewujudkan kekuatan implikaturnya.
Nama Produk/barang dan jasa yang ditulis mempunyai kekuatan untuk memaksa pembaca mengikuti uraian tentang apa yang mau ditawarkan. Hal ini diperkuat lagi dengan judul wacana iklan yang manrik, menggoda, menjerat pembaca untuk mengikuti penjelasan yang rinci tentang produk/barang dan jasa.  Penjelasan yang ilmiah pada ketiga wacana dalam konteks pragmatik bukan sekadar penjelasan yang mencerahkan tetapi lebih jauh mengantar pembaca pada satu sikap akhir untuk memilih produk/barang dan jasa yang ditawarkan. Dekian juga penggambaran lainnya selalu diarahkan pada sikap pembaca untuk berpihak pada apa yang ditawarkan dengan menjadi konsumen yang dianggap rasional  karena diandaikan memilih produk/barang dan jasa  setelah memahani penjelasan yang rasional dan ilmiah. Implikatur utama untuk ketiga wacana dengan segala bentuk tampilan dan gaya bahasanya hanya satu yakni mengharapkan pembaca wacana untuk menjadi konsumen.

4.      Relevansi Ketiga Wacana dengan Pembelajaran Paragraf di SMA

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jejang SMA untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mencantumkan paling kurang tujuh Standar Komptensi (SK) berkaitan dengan materi tentang paragraf.SK itu adalah (1) Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca (2) Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) (3)Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato (4) Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring (5) Memahami artikel dan teks pidato (6) Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif  (7) Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola deduktif dan induktif
Ketujuh SK di atas dijabarkan ke dalam Komptensi Dasar (KD) yang tampak pada silabus mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Silabus mencatat minimal 13 KD yang berkaitan dengan materi tentang paragraf yaitu (1) Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra (2) Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra  (3) Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf  naratif (4) Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif (5) Menulis gagasan  secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif (6) Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif (7) Menulis  gagasan untuk meyakinkan  atau mengajak dalam bentuk paragraf persuasif (8) Menulis hasil wawancara ke dalam  beberapa  paragraf (9) Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif  (10)Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel  (11) Menemukan ide pokok  teks dengan  membaca cepat (12) Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  (13) Menulis karangan dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 
Ketiga wacana yang dianalisis di atas pada dasarnya berkaitan dengan upaya mengajak, meyakinkan pembaca untuk menentukan sikap menjadi konsumen produk/barang dan jasa yang ditawarkan melalui media iklan informasi Bisnis (infoBIZ). Sikap dan pilihan  pembaca untuk menjadi konsumen tidak terlepas dari kekuatan daya persuasi, deskripsi, dan argumentasi yang diwacanakan melalui ketiga wacana tersebut. Melalui ketiga wacana iklan advetorial itu, kita dapat menemukan model paragaraf narasi, paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, dan unsur paragraf lainnya. Karena itu, model wacana seperti InfoBIZ ini dapat digunakan sebagai media yang tepat dalam pembelajaran tentang materi paragraf di SMA.
Ketiga wacana yang dipilih semunya berisi ulasan yang pada akhirnya mengajak pembaca untuk menjadi konsumen. Keputusan dan sikap pembaca sangat dipengaruhi oelh seberapa kuat narasi, deskrispsi, eksposisi, dan argementasi yang ditampilkan di dalam teks. Untuk itu, perlu kiranya dikutip beberapa bagian dari  wacana-wacana itu yang bertalian dengan jenis paragraf yang dipelajari siswa pada jenjang SMA. 
4.1 Paragraf narasi
“Klinik Harapan Sehat yang sudah dipercaya di kalangan masyarakat. Bisa mengatasi berbagai penyakit kanker payudara, nasofaring, getah bening/kelenjar tiroid, kulit, hati, limforma, rahim, pankreas dan penyakit dalam seperti strok, diabetes, liver, dan lain-lain. Cara pengobatannya dengan metode Tradistional Chinese Medicine (TCM) akupungtur dan dibandingkan dengan pengobatan modern, pengobatan tersebut tanpa operasi. Begitu juga yang dialami ibu Indah Wati yang mempunyai penyakit kanker kelenjar Tiroid stadium tiga yang berobat di Klinik Harapan Sehat. Di awal pengobatan ibu Indah Wati  terdapat benjolan di kiri sampai ke leher bagian depan. Sesudah pengobatannya 15 hari mengalami perubahan signifikan dan pengobatan selanjutnya  ada kemajuan yang sangat mendekati normal. (Wacana 3)

“SEJAK TAHUN 2008  saya menderita asam urat” ucap H.Samso ketika ditemui di kediamannya di Kel Kebon Sari, Kec. Sumber Sari, Jember, Jawa Timur. Kalau asam urat saya kambuh, saat  bangun tidur tangan tidak bisa digerakkan” keluh pria berusia 68 tahun tersebut. Asam urat bukanlah nama sebuah penyakit namun ia adalah suatu zat sisa metabolisme  zat yang bernama purin yang berasal dari  makanan yang yang kita konsumsi. Keadaan di mana tubuh  mengalami kelebihan kadar asam urat disebut hyperuricemia. Namun jika purin yang masuk dalam tubuh terlelu banyak , maka ginjal akan kesulitan mengeluarkan zat tersebut sehingga terjadi  penumpukan sisa metabolismenya (asam urat). Penumpukan sisa metabolisme zat purin di persendian dapat menyebabkan bengkak dan rasa nyeri. (Wacana 1)

Dua penggalan paragraf bercoran naratif, ditampilkan dengan gaya berceritera kepada para pembaca. Apa yang diceriterakan  dan bagaimana cara bercerita pada kutipan ini berkaitan dengan maksud kehadiran paragaraf itu dalam keseluruhan wacana iklan yang mengarah pada sikap. Paragaraf seperti ini tidak sekadar bercerita tetapi cerita yang berefek pragmatik. Artinya dengan memahami cerita seperti ini pembaca terdorong untuk menentukan pilihan atas apa yang ditawarkan. Dalam konteks pembelajaran siswa juga diharapkan mampu merangkai cerita yang bermakna dengan pola dan struktur yang runtut dan logis.

4.2 Paragraf Deskripsi
Kanker didefisikan sebagai pertumbuhan tidak terkontrol, sel-sel yang menyerang dan menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, misalnya kanker Kelenjar Tiroid muncul akibat meliputi gejala hidung dan telinga, saraf dan gejala dari penyebaran tumor ke kelenjar limfe serfival.  Gejala telinga adalah rasa penuh tak enak, kadang tuli akibat oklusi tuba Eustachi, atau otitis media serosa dan Adinolodewo sinus, semua penyakit tersebut akan mengancam kehidupan jika tidak di Diagnosis dan diobati sejak dini (wacana 1) 

Hepatitis dan liver adalah suatu istilah untuk sekumpulan kondisi penyakit dan infeksi yang mempengaruhi sel-sel, jaringan-jaringan struktur dan fungsi dari hati. Seperti kita ketahui, beberapa fungsi hati adalah untuk menyaring darah, memproses, dan mengikat lemak pada pengangkutnya (protein) termasuk kolesterol. Sedangkan penyakit liver menyebabkan fungsi hati tidak dapat berfungsi dengan baik. Biasanya pada fase awal pasien tidak merasakan keluhan apa pun, namun jika telah merasakan  gejala-gelaja sebagai berikut yaitu antara lain kekuningan pada kulit, urin menjadi coklat seperti teh, mual, kehilangan nafsu makan, naik/turunnya berat badan yang abnormal, diare, warna tinja yang pucat, nyeri perut bagian kanan atas, maka harus segera diobati karena akan mengganggu fungsi hatiSarana  pengobatan Tradisional Zhong Jing Tang satu-satunya yang menggunakan metode khusus pengoobatan tradisional Tiongkok yang sangat efektif untuk mengobatai berbagai macam penyakit termasuk penyakit hepatitis dan liver (wacana 2)

Dua paragaraf yang dikutip ini, menampilkan gaya yang berbeda dengan paragraf narasi. Dalam deskripsi yang paling dominan adalah penggambaran yang rinci terhadap sebuah objek yang dideskripsikan. Penggambaran yang rinci ini dalam rangka membantu pembaca memahami hakikat sebuah objek yang dideskripsikan. Dalam konteks iklan deskripsi ini penting untuk meyakinkan pembaca sebelum menentukan sikap. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia contoh-contoh teks seperti ini dapat dijadikan media yang memungkinkan siswa dapat mengenal ciri dan karakteristik sebuah paragraf deskripsi.
4.3 Paragraf Argumentasi
Beruntung, pensiunan pegawai bank ini telah menemukan solusi yang  tepat untuk mengatasi keluhannya, yakni dengan minum Gentong Mas, minum herbal dengan kandungan vitamin dan nutrisi bermutu.  Bahan utama Gentong Mas yaitu Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) terbukti memiliki banak manfaat bagi keseghatan. “sudah 6 bulan saya minum Gentong Mas, baru minum 3 kotak sudah terasa manfaatnya. Badan kini sehat dan jarang sakit, keluhan akibat asam uratpun hilang.” Tuturnya.  (Habbatussauda) dalam Gentong Mas bermanfaat untuk menormalkan metabolisme, termasuk metabolisme purin sebagai pembentuk asam urat yang dipercaya dapat meningkatkan pengeluaran asam urat dari darah melalui uriene (wacana 1)


Biasanya pada fase awal pasien tidak merasakan keluhan apa pun, namun jika telah merasakan  gejala-gelaja sebagai berikut yaitu antara lain kekuningan pada kulit, urin menjadi coklat seperti teh, mual, kehilangan nafsu makan, naik/turunnya berat badan yang abnormal, diare, warna tinja yang pucat, nyeri perut bagian kanan atas, maka harus segera diobati karena akan mengganggu fungsi hati. Sarana  pengobatan Tradisional Zhong Jing Tang satu-satunya yang menggunakan metode khusus pengoobatan tradisional Tiongkok yang sangat efektif untuk mengobatai berbagai macam penyakit termasuk penyakit hepatitis dan liver. Obat hanya ditempelkan di tempat penyakit serta dengan getaran listrik statik, obat langsung sampai ke bagian tubuh yang sakit. Bersamaan dengan minum obat herbal maka dapat memulihkan fungsi liver serta meningkatkan daya tahan tubuh agar penderita pulih kesehatannya (wacana 2)

Dua penggalan paragraf di atas menampilkan gaya yang berbeda dibandingkan dengan paragraf narasi dan deskripsi. Corak dan ciri paragaraf argumentasi yang paling dominan adalah penghadiran bukti, alasan yang menjadi dasar pilihan dan keputusan. Dua penggalan paragraf ini secara jelas menampilkan argumentasi dalam bentuk rincian, mengedepankan contoh konkret. Tujuannya dengan dasar argumentasi yang ditawarkan kepada pembaca, pembaca sebagai calon konsumen dapat menentukan sikap berdasarkan alasan yang rasional dan mendasar. Dalam pembelajaran tentang paragraf argumentasi siswa dapat belajar mencontohi teks-teks seperti ini dalam pengembangan penalaran mereka yang bercorak argumentatif. Dengan contoh-contoh seperti ini para siswa akan dengan mudah menemukan hal-hal yang berkaitan dengan masalah paragraf seperti ide pokok, unsur kohesi dan korensi paragraf, pola-pola pengembangan paragraf, jenis paragraf, dan ciri-ciri paragaraf yang baik.

5.      Penutup
Analisis wacana iklan pada media dari aspek pragmatik menjadi penting dan tergolong paling relevan karena bahasa media (iklan) adalah bahasa yang memiliki konteks dan fungsional sifatnya. Dari analisis yang dilakukan di atas tampak jelas bahwa pihak yang mempromosikan produk/barang dan jasa dapat menggunakan kekuatan bahasa yang dikemas dalam iklan bercorak advetorial. Wacana-wacana seperti itu bukan hanya bercorak informatif tetapi berkeuatan mempengaruhi atau berefek pragmatik (berhubungan dengan tindak lokusi, ilokusi, perlokusi, dan akhirnya terkait dengan sesuatu yang lebih luas yaitu implikatur. Wacana Iklan selalu mengarah pada implikatur dan itu hanya akan terjadi melalui usaha “memanipulasi” bahasa untuk efek yang lebih besar dan menguntungkan secara ekonomis (bisnis).
Pola, struktur dan bentuk wacana seperti ini dapat dipakai sebagai media pembelajaran yang praktis dan efektif di sekolah terutama yang berkaitan dengan ;pembahsaan materi tentang paragraf dengan segala unsur yang berkaitan dengan paragraf.

***

Rujukan
Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Persepektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harian  SURYA, edisi Selasa, 20 Juli 2012 halam 5
Mey, L. Jacob. 1994. Pragmatics: An Introduction. Cambridge: Blackwell Publishers Inc.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar